Telp : (0373) 21049

Kepala Kemenag Dompu Peringati Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Dompu

Kemenag-Inmas , Setiap Tanggal 22 Oktober, Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia melalui seksi Pendidikan Pondok Pesantren memperingati Hari Santri Nasional.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu Drs. H. Syamsul Ilyas, M.Si yang ditemui oleh awak media sebelum kegiatan upacara hari santri dimulai mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan untuk mengingat perjuangan para santri dan ulama sehingga terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hari Santri Tahun 2022 ini digelar dan dilaksanakan diseluruh Indonesia, ini merupakan suatu kebanggaan kita semua karena Negara ini juga adalah bagian dari perjuangan santri-santri perjuangan para ulama kita sehingga NKRI, Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, dan UUD 1945 bisa kita nikmati dan bisa kita kawal sampai hari ini,” kata H. Syamsul.

H. Syamsul juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pimpinan pondok pesantren yang ikut ambil bagian untuk memeriahkan hari santri. ” Khususnya kita yang ada di Kabupaten Dompu seluruh pimpinan pondok pesantren ambil bagian, baik kegiatan awal seperti lomba, termasuk yang luar biasa itu pada saat gebyar hari santri, masing-masing pondok itu menunjukkan dan menampilkan yang terbaik, kekhasan atau ciri-ciri pondok itu, ini yang bisa kita kagumi dan memberikan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh pimpinan pondok,” ungkapnya.

” Mudah-mudahan dengan memperingati hari santri ini, walaupun sederhana tetapi nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Dompu ini memiliki Ulama’-ulama’ kharismatik seperti Syech Abdul Gani, Syech Mansyur, Syech Madadi, dan Ulama’-ulama’yang lain, nah bagaimana generasi sekarang, hari ini warisan-warisan Ulama’ juga bisa kita lanjutkan,” harap Kakan Kemenag Dompu.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Dompu, TNI, Polri, serta Dinas Perhubungan yang telah ikut ambil bagian dalam mensukseskan pelaksanaan Upacara Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Dompu Tahun 2022.

94af4b22-37c2-4f29-8d42-ea124cda3abd.jpg

Selaku Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu Siti Rohana, SE menyampaikan, upacara hari santri tingkat Kabupaten Dompu dilakukan di dua lokasi yang berbeda pada hari yang bersamaan.

” Untuk upacara Hari Santri di Dompu dilaksanakan Dua lokasi, yang satu di Kecamatan Pekat dirangkaikan dengan kemah bakti santri dari tanggal 19-22 Oktober langsung upacara dilokasi perkemahan yang diikuti oleh 15 ponpes Se-Kecamatan pekat dengan santri lebih kurang 2000 an santri, dan titik yang kedua adalah dihalaman Kantor Kemenag Dompu yang diikuti 38 ponpes Se-kabupaten Dompu terkecuali Kecamatan Pekat dengan santri lebih kurang 3000 an santri,” terang Rohana.

25dfd8bc-f6fd-4a6f-9e32-09a7e5a00548.jpg

Siti Rohana menjelaskan tentang random acara memperingati Hari Santri Nasional tingkat Kabupaten Dompu dengan diisi kegiatan Gebyar hari santri yang diikuti oleh 1000 santri se-kabupaten Dompu.

” Pada tanggal 15 oktober kami mengadakan acara gebyar santri yang ikut lebih kurang 1000 santri, selain itu dukungan untuk memeriahkan hari santri juga semua instansi dibawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Dompu sudah memasang spanduk hari santri,” jelasnya.

Screenshot_2022-10-22-15-00-39-54.jpg

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren mengatakan,” Santri selalu siap mendermabatikan hidupnya untuk Bangsa dan Negara, Santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja, tidak hanya dibidang ilmu Agama tetapi dibidang-bidang lainnya.” Tutup Siti Rohana. (Humas/Tim)

share:

Tinggalkan Komentar Anda

Berita Lainnya